Kamis, 30 Juni 2016

Benarkah ada kartel daging yang bermain disini?

Benarkah ada kartel daging yang bermain disini?

Nah sebelum saya menjawab pertanyaan diatas , saya akan memberitahukan apa itu katrel ? Kartel adalah kerja sama antara beberapa badan usaha yang memproduksi dan memasarkan barang yang sejenis. Adapun maksud dan tujuan kartel adalah untuk mengurangi persaingan atau meniadakan persaingan. Atau Kartel adalah menahan pasokan daging sehingga mengakibatkan kelangkaan pasokan di pasaran yang memicu kenaikan harga. Akhirnya, pemerintah terpaksa membuka keran impor yang menguntungkan importir daging.
Jadi, menurut informasi yang saya dapatkan sepertinya ada kartel yang bermain dimahalnya harga daging, berikut ini informasi yang saya dapatkan tentang adanya kartel di mahalnya harga daging.
Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) sedang menyelidiki kemungkinan adanya keterlibatan kartel dalam perdagangan daging sapi yang menyebabkan penurunan pasokan dan kecenderungan kenaikan harga. KPPU menduga telah terjadi perilaku antipersaingan yang dilakukan pelaku usaha secara berkelompok dan menjurus ke kartel.
Berdasarkan analisis terhadap kebijakan tataniaga, menurut KPPU kejadian itu memperkuat fakta bahwa konsep tataniaga daging telah meningkatkan kekuatan pasar pelaku usaha yang berada di jejaring distribusi.

Menurut KPPU, pelaku usaha di jejaring distribusi tahu betul bahwa pasokan hanya ada pada mereka sehingga mereka akan bisa mendikte pasar atas nama mekanisme pasar. Dan kondisi yang demikian berpotensi besar memunculkan kartel.

Untuk mengatasi masalah ini, KPPU menyatakan, pemerintah harus konsisten menerapkan tataniaga secara utuh. Apabila sisi hulu diintervensi dengan pembatasan pasokan, maka di sisi hilir pemerintah harus melakukan intervensi antara lain melalui penetapan harga di tangan konsumen serta kewajiban menjaga ketersediaan produk di pasar.

SUMBER :
https://m.tempo.co/read/news/2015/08/12/090691377/kartel-daging-sapi-siapa-dalangnya
https://santirahma.wordpress.com/2016/06/21/benarkah-ada-kartel-yang-bermain-dimahalnya-harga-daging/
http://harianhaluan.com/news/detail/52340/daging-sapi-mahal-karena-ulah-kartel
http://accounting-media.blogspot.co.id/2015/03/pengertian-kartel-dan-jenisnya.html
http://miatriandinimia.blogspot.co.id/2016/06/benarkah-ada-kartel-dalam-perdagangan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar